Soal :
1. Sebutkan
jenis – jenis tipe data yang terdapat dalam excel !
2. Jelaskan
fungsi Sebutkan langkah dan kegunaan MS. Excel sabagai salah satu program
pengolah angka ?
3. Sebutkan
langkah – langkah memasukan animasi kedalam sebuah slide pada MS. Power Point ?
4. Jelaskan
komponen – komponen utama pada MS. Power Point ?
5. Apakah
yang dimaksud dengan data base & sebutkan fungsinya ?
6. Jelaskan fungsi
logika IF pada MS.Excel dan serta berikan contoh penulisan rumus/fungsi IF
tunggal & ganda ?
Jawab :
1.
Jenis – jenis
tipe data yang ada pada excel :
Ø Data Angka (numeric)
Data
angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, Data angka
dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, +, -, =, $, dan (…). Contoh : 20000,
+20000, -20000, = 20000, $20000, (20000).
Data
tersebut setelah diketik pada lembar kerja excel, akan tampak seperti dibawah
ini. Apabila angka diawali tanda – atau terletak pada tanda kurung akan
menghasilkan nilai negatif. Apabilan diawali dengan tanda = atau + akan
menghasilkan nilai positif. Sedangkan jika diawali dengan tanda $ akan
menghasilkan nilai dengan format currency (nilai mata uang) dengan disisipi
tanda koma.
Biasanya kita
menggunakan tanda titik(.) untuk memisahkan nilai ribuan, jutaan, dan
seterusnya agar memudahkan membaca angka tersebut. Namun secara default,
kita tidak diijinkan memasukan data dengan menggunakan pemisah titik, tetapi
pemisah harus menggunakan koma karena setting regional yang berlaku secara
default adalah bahasa inggris, dimana pemisah angka menggunakan koma. Misalnya
untuk menulis angka 20000 maka harus diketik 20,000 apabila ditulis 20,000 maka
nilai itu dianggap bernilai 20.
Ø
Data Teks/Label
Data
teks/label merupakan data umum, seperti pada aplikasi pengolah kata. Data ini
tidak akan dapat dihitung. Data ini diawali alfabet (a-Z), karakter selain data
angka, dan alphanumeric(gabungan angka dan teks). Perbedaan antara data teks
dan angka terletak pada perataan teksnya. Pada teks data akan merapat ke kiri,
sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan.
Ø
Data Tanggal (date)
Data
tanggal hanya berlaku untuk jenis tanggal yang menggunakan pemisah garis miring
(/) atau menggunakan tanda minus(-) sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dan
tahun. Misalnya, 5/4/1974 bisa saja berarti 5 April 1974 atau 4 Mei 1974,
tergantung format regional yang berlaku dalam excel. Secara default berlaku
format bulan/tanggal.tahun. Namun, apabila anda menulis data dengan pemisah
minus, misal 5-apr-1974, sudah pastitanggal tersebut 5 april 1974. Bila
ditulis 5-4-1974, akan berubah menjadi 4/5/1974.
Ø
Data Waktu (date)
Data
waktu biasanya ditampilkan dalam bentuk jam. Sistem waktu yang digunakan adalah
12 jam sehingga pada akhir pengetikan waktu ditambajkan huruf a untuk AM dan
PEMINJAM untuk PM. Misalnya 10:30 pagi maka pengetikannya 10:30 a, sedangkan
10:30 malam diketik 10:30 PEMINJAM atau diketik dengan format 24 jam, yaitu
22:30.
Ø
Fungsi
Fungsi
adalah suatu data pada microsoft excel yang membantu dalam perhitungan.Suatu
fungsi bisa menghemat kita dalam menyelesaikan perhitungan yang sama dan
berulang-ulang seperti mencari hasil perhitungan yang sama setiap kolom atau
baris atau mencari nilai dari data tertinggi yang dimiliki suatu deretan sel
kolom atau baris. Selain itu terdapat fungsi logika yang dapat membantu
pengambilan keputusan.
Ø
Rumus(Formula)
Rumus
adalah perhitungan yang dibuat oleh pengguna microsoft excel dengan tujuan
tertentu. Rumus harus diawali dengan tanda ‘=’, ’ +’, atau ‘-‘ dan dapat berisi
data label, numeric, maupun fungsi.
2.
Fungsi dan kegunaan Ms. Excel sebagai
salah satu program pengolah angka :
ü sebagai aplikasi spreadsheet dalam
melakukan penghitungan, proyeksi, analisa dan
presentasi data dalam berbagai tabel serta grafis yang sangat dibutuhkan dalam
penyusunan lembar kerja, makalah, data perusahaan, penelitian, pembukuan, cash
flow / laporan keuangan, serta analisa statistik.
ü menghasilkan
penghitungan serta analisa statistik dalam bentuk teks maupun diagram grafis
secara otomatis dari rumus yang sudah kita masukkan sehingga fitur tersebut
sangat mempermudah pekerjaan kita yang berurusan dengan lembar kerja.
ü mengurutkan
data, menjumlah sub total dan grand total, mengedit teks secara langsung di
sel, menjumlah secara otomatis dengan autosum, membuat grafik secara cepat dan
mudah denga fungsi chard wizard, mencetak dengan proporsi bebas.
ü Melakukan penghitungan logika dan matematika
3.
Langkah –
langkah memasukan animasi ke dalam slide Power Point :
Klik kanan text
atau objeknya
Klik Custom Animation
Pilih effects
untuk memberikan animasi pada text atau objek yang diinginkan dengan memilih
pada icon
Atur Start berdasarkan pada saat apa animasi ini dilakukan
Atur Direction berdasarkan arah yang diinginkan
Atur Speed berdasarkan seberapa cepat animasi tersebut
dilakukan
Sesuaikan urutan tampilan animasi sesuai keinginan
dengan mengatur order
Tekan play untuk melihat tampilanpreview hasil pengaturan
yang dilakukan.
4. Komponen – komponen utama Ms. Power point :
v Menu Bar :
Daftar menu
yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah.
v Standart Toolbar :
Tools untuk menangani file, menyisipkan objek baik
gambar atau grafik
v Formatting Toolbar :
Tools yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pengaturan
huruf atau tulisan
v Slide Sorter View :
Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam
bentuk ukuran kecil
v Slide Show :
Menampilkan tayangan sebuah slide
v Drawing Toolbar :
Tolls yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan
ataupun pengaturan gambar
5. Database
merupakan salah satu komponen yang penting di sistem informasi, karena
berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi para pemakainya. Penerapan
database dalam sistem informasi disebut dengan database sistem. Sistem basis
data ( database system ) ini adalah suatu sistem informasi yang
mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan lainnya
dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam
suatu organisasi.
Sebagai komponen utama
atau penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan
informasi
Menentukan kualitas
informasi yaitu cepat, akurat, dan relevan, sehingga infromasi yang disajikan
tidak basi. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif
dibandingkan dengan biaya mendapatkanya.
Mengatasi kerangkapan
data (redundancy data)
Menghindari terjadinya
inkonsistensi data
Mengatasi kesulitan
dalam mengakses data.
Menyusun format yang
standar dari sebuah data.
Penggunaan oleh banyak
pemakai (multiple user). Sebuah database bisa dimanfaatkan sekaligus secara
bersama oleh banyak pengguna (multiuser).
Melakukan perlindungan
dan pengamanan data. Setiap data hanya bisa diakses atau dimanipulasi oleh
pihak yang diberi otoritas dengan memberikan login dan password terhadap
masing-masing data.
Agar pemakai mampu
menyusun suatu pandangan (view) abstraksi dari data. Hal ini bertujuan
menyederhanakan interaksi antara pengguna dengan sistemnya dan database dapat
mempresentasikan pandangan yang berbeda kepada para pengguna, programmer dan
administratornya.
6.
Fungsi logika IF
pada Ms. Excel:
Logika
IF, Digunakan
untuk memeriksa kondisi benar atau salah. Penulisan perintahnya
adalah sebagai berikut:
=IF(Kondisi,pernyataan jika Benar,pernyataan jika Salah)
=IF(Kondisi,pernyataan jika Benar,pernyataan jika Salah)
Operator-operator
perbandingan yang dapat digunakan dalam Excel adalah :
>, <, <>, =, <= dan >=
>, <, <>, =, <= dan >=
Contoh penulisan
rumus / fungsi IF tunggal :
Untuk
penggunaan IF tunggal berfungsi untuk menyeleksi dua pilihan yang ada, dengan
bentuk umum:
=IF(Syarat,Pilihan-1,Pilihan-2)
Contoh :
Contoh penulisan
rumus / fungsi IF ganda :
penggunaan
IF ganda/majemuk berfungsi untuk menyeleksi 3 pilihan atau lebih, bentuk
fungsinya:
=IF(Syarat-1,Pilihan-1,IF(syarat-2,pilihan-2,IF(Syarat-3,pilihan-3)))
=IF(Syarat-1,Pilihan-1,IF(syarat-2,pilihan-2,IF(Syarat-3,pilihan-3)))
contoh :
1 komentar:
kita juga punya nih artikel mengenai 'microsoft Excel', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2196/1/Analisis%20dan%20Desain%20Sistem%20Informasi%20Akuntansi%20Pada%20Usaha%20kecil%20dan%20Menengah%20%28Studi%20Kasus%20Pada%20CV%20Smart%20Teknologi%20Indonesia003.pdf
terimakasih
Posting Komentar
Mohon mengomentari dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.